ujian akhir semester creativity and innovation class !!!

Okay secara ini tugas uas jadi harus dikerjakan dengan baik dan benar, dan lagi kayanya saya udh mepet bgt nih ngerjainnya.

Pertanyaan pertama yg pak apiq kasih adalah apa saja yg saya dapat selama kuliah creativity and innovation?

Creativity and innovation class has taught so much, I learn a lot of new things in class. Basically it teach us to be more creative and more innovative in the world. Because today its not which company or which country your in, but how much you explore yourself and find your best in you.

Think outside the box, just a little bit outside of those boxes, don’t ever think inside the box because it won’t take you anywhere.

Powerful people should be creative in every way of their life. I myself its not a creative person, but don’t worry, I learn tools that make us push to be creative, example is SCAMPER method.

I learn so much from every guest lecture that been brought to class. But I think I like the last guest lecture, because he live happily, it shows when he talk in front of class. I want to be old and happy like him. I’m sorry, I totally forgot his name.

Saya pikir itu sedikit review ttg kuliah ini pak.

Yang berikutnya adalah menentukan 1 produk/jasa/perusahaan dan membuat bisnis model agar dapat bersaing di pasar global.

Kali ini saya akan menggunakan sebuah produk yaitu “RAXU SHOES”

Raxu shoes adalah suatu brand handmade shoes. Mereka membuat segala macam sepatu dengan berbagai macam jenis bahan.

Saya sendiri adalah pelanggan setia brand ini, saya sudah membuat sekitar 3 atau 4 pasang sepatu dan saya sebagai org yg menyukai fashion (sepatu, jeans) saya jelas tau mana kualitas yg baik dari sepasang sepatu, dan saya berani menjamin produk mereka adalah kualitas internasional dan yg paling penting adalah harga mereka yg amat sangat merakyat.

Raxu shoes melayani custom design shoes, mereka melayani berbagai macam bentuk dengan bahan yg berbeda beda.

Menurut saya jika mereka ingin bersaing di pasar yg lebih luas (global), mungkin mereka lebih baik membuat hanya beberapa produk, namun lebih menajamkan lagi kualitas yg mereka berikan.

Proses yg mereka lakukan sbb:

Customer memesan dan memberi design ====> raxu merespon ===> raxu memberi harga ===> jika deal, raxu memberi no.rekening untuk customer transfer ===> produksi, minimal 1 minggu, maksimal sekitar 2 minggu ===> barang jadi, dikirim ke customer.

Saya pikir hal ini tidak terlalu efektif jika mereka ttp menggunakan pre order seperti ini. Saya yakin sampai saat ini pasti mereka punya data yg baik akan produk mana yg lebih banyak dibeli oleh pelanggan. Tidak mungkin seluruh produk selalu dibeli, pasti ada produk unggulan mereka. Seperti saya sendiri selalu membeli sepatu boots dari raxu.

Menurut saya yg harus raxu lakukan adalah konsentrasi kepada produk unggulan mereka dan melakukan marketing strategy yg tepat. Yg saya tau sampai saat ini mereka hanya ber promosi lewat kaskus dan online web mereka, karena itu belom banyak orang mengenal raxu shoes.

Nama mereka kalah oleh brand lokal lain yg gencar penetrasi ke market yg sesuai target mereka. Seperti mengikuti event event fashion seperti brightspot market, atau denim market, dan lain lain.

Penetrasi di dalam negeri sebetulnya hanya untuk memperkuat posisi di dalam masyarakat indonesia. Jika saya pemilik raxu, saya lebih memilih pasar luar sebagai target market dengan produk yg dihasilkan. Ada kemungkinan saya sendiri akan membantu mereka dalam hal ini karena saya memiliki beberapa koneksi dengan teman yg ada di united states, australia, singapore, jerman, spanyol, beberapa negara lain.

Simplified the products, make it with highest quality they have, straight on consumer marketing, I believe they will be huge.

Saya pikir sekian, mungkin aapa yg saya kerjakan tidak sesuai teori teori bisnis yg selama ini dipelajari.

Menurut saya untuk sukses bukanlah teori yg kita butuhkan, keberanian untuk memulai dan think different than others, serta yg paling penting adalah MIND SET yg tepat.

Leave a Reply

